Cara Menampilkan Subtitle Film Indonesia

cara-membuat-subtitle-sendiri

Cara menampilkan subtitle film bahasa Indonesia pada film asing memang dibutuhkan banyak orang, terutama bagi orang yang hanya mempunyai pemahaman bahasa asing yang terbatas. Rasanya kurang seru jika menonton film tanpa kita ketahui dialog dalam film tersebut. Meskipun masih bisa dinikmati secara visual, tapi tetap kurang maksimal secara audio.

Sebenarnya tidak hanya dibutuhkan oleh orang yang pengetahuan bahasa asingnya terbatas saja tapi juga semua kalangan. Terkadang ada beberapa film selain bahasa Indonesia ada beberapa dialog yang artikulasinya kurng jelas. Dengan memasang subtitle maka semuanya bisa terang.

Apa Itu Subtitle Film?

Bagi yang belum mengetahui, yang dimaksud dengan subtitle film adalah terjemahan film. Jadi saat kita menonton film asing, misalnya film korea atau holywood maka akan ada terjemahan bahasa yang dikuasai penonton pada setiap dialognya, sehingga mudah dipahami.

Sebagian besar film asing yang tampil di televisi swasta di Indonesia sudah menampilkan subtitle dalam bahasa Indonesia. Kalaupun tidak, mereka menggunakan sistem pengisi suara (dubbing) yang lebih susah dan panjang untuk membuatnya.

Baca: Cara Membuat Subtitle Secara Manual

Untuk membuat subtitle film bahasa Indonesia sendiri tidak mudah, butuh waktu panjang untuk menyelesaikan terjemahan dari satu film. Terlebih jika sistem pembuatannya masih manual. Oleh karenanya yang biasa dilakukan penggemar film gratis hasil download, mereka tidak perlu membuat subtitle film bahasa Indonesia secara manual. Hanya download subtitle film bahasa asing, lalu diterjemah dalam bahasa Indonesia menggunakan tools gratis Google Translate atau sejenisnya.

Cara Menampilkan Subtitle Film Bahasa Indonesia

Langsung saja ke pokok pembahasan cara menampilkan subtitle film bahasa Indonesia pada sebuah film Holywood berjudul “Ironman 3”.  Film Ironman merupakan film marvel serial yang paling baru. Bahasa sebenarnya menggunakan bahasa Inggris dan kita akan memunculkan subtitle bahasa Indonesia sendiri dengan mudah.

Silakan simak cara menampilkan subtitle film Ironman 3 pada video tutorial di bawah ini:

Demikian cara menampilkan subtitle film dalam bahasa Indonesia, semoga bisa bermanfaat. Dan selamat mencoba ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s