Sejarah Kain Flanel

SEKILAS TENTANG FLANEL dari buku Aneka Kreasi Flanel praktis, fungsional, dan bernilai jual yang ditulis oleh Dwi Retguntari. Kain flanel atau felt adalah jenis kain yang terbuat dari serat wol tanpa ditenun. Proses pembuatan kain flanel (wet felting) melalui proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan jenis kain flanel yang beragam tekstur dan jenisnya, tergantung dari campuran bahan pembuatnya. Flanel adalah jenis kain tertua dalam sejarah manusia, lebih tua dari kain tenun dan rajut. Meskipun ada bukti arkeologi dari British Museum yang menunjukkan bahwa bahan benang yang pertama kali dikenal oleh manusia dibuat dengan mengangin-anginkan serat sayuran di tempat yang tinggi.

Di Turki, bekas-bekas penggunaan kain flanel yang telah ditemukan diperkirakan berasal dari tahun 6500 SM. Jenis kain flanel yang sangat rumit juga ditemukan dalam kondisi diawetkan di sebuah makam di Siberia yang berasal dari tahun 600 M. Banyak bangsa yang memiliki legenda dalam kebudayaannya tentang pembuatan kain flanel ini. Legenda dari Sumeria mengklaim bahwa pembuatan flanel untuk pertama kalinya ditemukan oleh seseorang yang bernama Urnamman. Tradisi membuat kain flanel juga masih dipraktikkan oleh kaum nomadic di Asia Tengah untuk membuat permadani, tenda, atau pakaian. Di Barat, flanel juga digunakan secara luas sebagai media untuk berekspresi dalam dunia seni tekstil seperti seni desain.

Penggunaaan material flanel yang lain diantaranya dalam industri otomotif untuk mengurangi getaran pada panel interior, untuk melapisi bagian atas meja biliar, serta untuk membantu menghasilkan suara yang bersih pada simbal drum atau pada piano. Sejak pertengahan abad ke 17 sampai abad ke 20 kain flanel juga digunakan sebagai bahan pembuat topi para pria. Demikian sekilas tentang sejarah awal mula kain flanel. Sekarang banyak kita lihat bermacam-macam hasil dari kreasi kain flanel tersebut dan banyak peminatnya sehingga bernilai jual tinggi.

Satu tanggapan untuk “Sejarah Kain Flanel”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s