Menciptakan Air Bersih Untuk Kehidupan Yang Baik

Cara menjernihkan air|cara menyaring air|cara membuat saringan air

Tidak dipungkiri, air bersih dan sehat merupakan satu kebutuhan yang bersifat urgent bagi kehidupan. Karena air lah sumber kehidupan bagi manusia, hewan, tumbuhan dan seluruh alam jagat raya. Sebagaimana telah difirmankan oleh Tuhan Semesta Alam, bahwa segala sesuatu tersusun dari air. “Kami jadikan segala sesuatu yang hidup itu dari air” (QS. Al – Anbiya [21]:30)
Sementara dalam kehidupan modern saat ini, air bersih dan sehat semakin jarang didapatkan. Pencemaran oleh perilaku manusia mengakibatkan air menjadi rusak dan tak layak konsumsi. Hhmmm… sayang sekali ya, padahal seandainya air bersih dan sehat tersedia melimpah di alam tentu kehidupan yang sehat dan berkualitas akan terwujud dengan mudah.
Di daerah perkotaan seperti di kota kami, Pekalongan, sungai-sungai banyak yang tercemar oleh limbah batik. Limbah batik ini berperan banyak dalam kerusakan ekosistem sungai. Air yang tercemar limbah batik mempunyai kadar oksigen yang sangat sedikit, selain itu air juga mengandung logam logam berat berbahaya. Baunya pun busuk sangat menyengat. Sehingga membahayakan kelangsungan mahluk hidup dalamnya. Hal ini tentu sangat disayangkan.
Lalu bagaimana solusinya? Untuk mendapatkan air bersih sebenarnya sangat mudah, jika kita mau. Teknik menjernihkan air bisa dilakukan dengan cara yang beragam. Untuk skala besar bisa kita gunakan alat penyuling. Namun tentu saja ini membutuhkan dana yang tak sedikit. tapi jangan kuatir, untuk kelas rumah tangga kita bisa melakukan penjernihan air dengan cara yang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Dalam percobaan sederhana ini, kita hanya perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahannya pun sangat mudah kita dapatkan.

Bagaimana caranya?
Berikut ini bahan-bahan yang kita perlukan untuk menjernihkan air.
Buat saringan air berbentuk tabung, pakai saja bekas botol air minum kemasan 1 liter. Atau kalau mau membuat saringan yang besar, bisa menggunakan galon air minum. Isi tabung saringan dengan bahan-bahan berikut berturut-turut:
– Kapas ketebalan 5 cm
– Jerami / ijuk ketebalan 5 cm
– Arang tempurung kelapa ketebalan 10 cm
– Jerami / ijuk ketebalan 5 cm
– Kerikil ketebalan 5 cm
– Pasir ketebalan 15 cm
– Pecahan genteng ketebalan 5 cm

Keterangan: ukuran ketebalan di atas untuk wadah saringan seukuran botol air 1 liter. Kalau ingin membuat saringan dengan ukuran yang lebih besar, silahkan disesuaikan dengan patokan ukuran ketebalan di atas (berlaku kelipatan).
Hasil percobaan dengan sistem di atas, sangat memuaskan sekali. Air hasil saringan bening, tidak pekat, dan tidak berbau. Yang lebih membuat kami senang , kami coba masukkan ikan ke air ini dan ternyata ikan bisa hidup. Ikan kelihatan enjoy, gerakannya lincah. Itu artinya air hasil saringan kami sehat, sudah tidak mengandung logam berat. Aman bagi kehidupan mahluk hidup. Pengujian baru sampai tahap ini, belum kami ujikan lagi apakah air ini mengandung bakteri atau tidak. Ya setidaknya sudah layak pakai lah, kalau mau dikonsumsi ya tinggal direbus saja dulu, biar kuman dan bakterinya mati. Hehe…😀
Oke, silahkan yang mau coba ya? Salam ^_^

4 tanggapan untuk “Menciptakan Air Bersih Untuk Kehidupan Yang Baik”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s