Limbah Dapur Hijaukan Bumi

Limbah organik dari dapur anda, mungkin anda menganggapnya sebagai sampah yang tak berguna, lagi menjijikan. Namun siapa sangka limbah ini dapat berperan sebagai penyelamat bumi. Dengannya bumi bisa menjadi hijau dan tentu saja ketersediaan oksigen sangat melimpah.

Limbah organik ini bisa diolah menjadi MOL (Mikro Organisme Lingkungan). Selanjutnya MOL digunakan sebagai mikro organisme pengurai untuk memacu proses pengomposan bahan organic agar lebih cepat menjadi kompos. Lalu kompos akan membuat tanaman tumbuh sangat subur dan hijau, dan pohon – pohon hijau inilah yang memberikan kita udara yang segar. Karena oksigen hanya dapat diberikan oleh tumbuhan.

Membuat MOL tentu saja mudah. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak anggaran untuk belajar membuat MOL. MOL dengan mudah bisa dibuat dari bahan – bahan organic rumah tangga, seperti nasi, sisa sayuran, atau sampah-sampah organic lainnya dari dapur anda. Bisa juga dibuat dari buah yang sudah sangat ranum, tape ketan, kulit buah, daging hewan atau bahan-bahan organik lainnya.

Cara membuat MOL dari Nasi Sisa

MOL dari nasi sisa bisa dibuat dengan menaruh nasi sisa di wadah, kemudian ditutup dengan daun-daun, hingga tumbuh jamur pada nasi. Lalu pindahkan nasi yang sudah ditumbuhi jamur ke dalam wadah plastic atau ember. Tambahkan 1,5 L air dan 5 sendok makan gula pasir. Aduk –aduk sampai gula benar-benar terlarut. Lalu pindahkan cairan ke dalam botol-botol air minum bekas. Simpanlah dalam keadaan mulut botol terbuka. Seminggu kemudian MOL buatan sendiri sudah terbentuk, dengan cirri-ciri, air menjadi lebih keruh dan beraroma alcohol.

 

Cara membuat MOL dari Sampah Sayuran dan Buah

Sampah sayuran atau bahan-bahan organic lainnya ditaruh dalam wadah ember. Tambahkan air ke dalam ember hingga bahan-bahan tergenang. Simpanlah dalam keadaan terbuka. Seminggu kemudian MOL akan terbentuk.

MOL yang telah berhasil dibuat ini dapat digunakan sebagai biang untuk membuat MOL baru. Caranya dengan menambahkan 1/4 bagian MOL biang kedalam botol yang telah diisi 2/4 air. Lalu tambahkan gula 5 – 7 sendok. Aduk sampai gula terlarut. Simpanlah dalam keadaan mulut botol terbuka. Seminggu kemudian MOL akan terbentuk, dan siap digunakan sebagai pengurai untuk memacu proses pengomposan. Atau bisa langsung digunakan sebagai pupuk cair, dengan lebih dulu mengencerkannya.

Mudah Bukan? Ayo Coba Sekarang !

5 tanggapan untuk “Limbah Dapur Hijaukan Bumi”

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, Arina…

    Apa khabar ? Lama sekali tidak bermain kemari.
    Senang membaca MOL yang sangat mudah dilakukan. Informasi yang mudah difahami dan mengesankan untuk dilakukan sendiri.

    Bunda selalu menggunakan MOL untuk baja pokok buah mango, jambu dan limau kasturi. Biasanya bunda guna kulit udang yang sudah dikupas. memang amat berkesan untuk kehijauan dan kesuburan tumbuhan.

    Salam mesra dari bunda.😀

    1. Wa’alaikumsalam, Bunda…
      Alhamdulilah baik dan sehat… Iya sudah lama kita tidak saling berkunjung. Aku rindu padamu, Bunda…

      Wah wah… rupanya Bunda sudah lebih berpengalaman membuat MOL ya? Hebat deh…😀

      Salam sejahtera d_b

  2. hebat juga yah sesuatu yang biasa kita buang masih bs bermanfaat dan membantu membersihkan lingkungan.. makasih sharenya dan salam kenal, thx dah berkunjung ke blogku
    salam sukses ya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s