Tolong…! Kami Terperangkap Dalam balok Es !

Kawan, tahukan kalian mengapa bagian dalam es batu tampak keruh, dibandingkan dengan bagian tepinya ?

Yang keruh di situ adalah kumpulan gelembung udara berukuran sangat kecil – yakni udara yang terlarut dalam air namun terbebaskan ketika air membeku. Kita dapat melihat gelembung – gelembung itu dengan kaca pembesar.
Selalu ada udara yang terlarut dalam air yang pernah bersentuhan dengan udara. Kenyataan ini sangat menguntungkan bagi ikan. Terlebih meskipun kandungan oksigen di udara hanya 21 persen, oksigen dua kali lebih mudah untuk larut dalam air ketimbang 79 persen komponen udara lainnya yang sebagian besar adalah nitrogen.

Ketika air membeku, molekul-molekul air yang sudah lamban akhir akhirnya meringkuk kaku dalam posisi yang paling nyaman. Agar lebih nyaman, mereka melepaskan udara yang semula mereka ikat dengan alasan tak cukupnya ruang untuk dibagi bersama udara. Ketika air mulai membeku, bagian luar membeku terlebih dahulu karena I bagian itulah panas paling mudah dilepaskan. Akibatnya ketika molekul-molekul udara dilepaskan air di bagian dalam, mereka terperangkap di bawah es yang padat. Sejalan dengan pembekuan dari arah luar ke dalam, molekul-molekul udara yang terperangkap pun semakin terdesak ke bagian tengah. Akhirnya, karena sampai berdesak-desakkan dalam ruang sangat terbatas, molekul-molekul udara terdekat saling menyatu membentuk gelembung-gelembung. Mereka tetap terperangkap ketika bagian tengah air pun akhirnya membeku.*
*Robert L. Wolke, Kalo Einstein Lagi Cukuran Ngobrolin Apa Ya?

10 tanggapan untuk “Tolong…! Kami Terperangkap Dalam balok Es !”

    1. hehe…tapi emang tetap diwaspadai kalau beli es batu, jangan-jangan pakai air mentah…lebih baik buat sendiri di rumah.
      sama ya kita, aku juga tak suka. kembung….hehe ^_^

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, nanda Aryna…

    Tidak pernah tahu tentang hal ini. Lagipun bunda kurang minum minuman yang bercampur es. Nanti kalau ada kesempatan bunda mahu liat guna kanta pembesar juga. Mau buat es dulu untuk uji kajinya.

    Informasi yang bermanfaat.
    Salam manis selalu dari bunda di Sarikei, Sarawak.😀

    1. wa’alaikumsalam, bunda…
      memang hal sepele dan rasanya tak perlu ditanyakan, tapi tak semua orang bisa menjelaskannya. semoga bermanfaat bunda, selamat bereksperimen.
      Salam sayang dari Pekalongan, INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s